Jumat, 16 Agustus 2019

10 Menit Pahami Si Alat Gambar Pembuat Komik

10 Menit Pahami  Si Alat Gambar Pembuat Komik

Halo para pembaca sekalian, di artikel ke-4 ini Shikuro akan menjelaskan mengenai tentang si alat menulis dan menggambar ( salah satunya gambar komik) yaitu 'Pensil'. Ya, mungkin di Indonesia kita sudah sangat akrab dengan alat ini terutama yang umum yaitu 'Pensil 2B' yang selalu digunakan siswa untuk belajar dan ujian dan diperjualbelikan di pasaran. Dan juga jika ditinggalkan sebentar, maka alat ini akan menghilang entah kemana.


shikurokomik.blogspot.com

Pensil (dalam KBBI) merupakan  sebuah alat tulis berupa kayu kecil bulat yang berisikan arang keras. Sebuah karya dari gambar pensil yang indah, dibutuhkan pensil yang tepat. Jika kita bisa menggunakan pensil  dengan baik dari segi sifat, jenis dan fungsinya, maka itu akan menjadi salah satu faktor untuk menentukan nilai keindahan suatu karya. Dalam dunia per-komikkan juga kita harus  mengetahui berbagai aneka pensil, agar hasil akhir  komik yang telah dibuat menjadi memuaskan baik pembuat maupun pembaca.


Sebagian orang bisa membuat karya yang sangat hebat karena sebuah pensil, tetapi alangkah baiknya kita yang masih pemula harus mengetahui mengenai sifat, fungsi dan jenis pensil yang akan digunakan saat membuat karya yang dibutuhkan. Membuat karya dengan pensil sering disebut 'Tekhnik Kering', berbeda dengan 'Tekhnik Basah' yang membutuhkan bahan pendukung seperti air dan minyak.

Di zaman dahulu di daerah Yunani, pensil sudah digunakan dan diproduksi menyesuaikan perkembangan secara bertahap dan di zaman sekarang, pensil sudah merambah ke berbagai negara dengan  mempunyai ciri-ciri  yang beraneka ragam : berbentuk batang bulat panjang, terbuat dari kayu dengan ujung membentuk silinder yang meruncing dan mempunyai mata pensil. Penggunan pensil di zaman sekarang telah menjadi kebutuhan utama  banyak orang sebagai pelengkap material dalam  berbagai aktivitas, dari pekerja kantoran, seniman dan pelajar juga lainnya.


Sebagian besar orang, penggunaan pensil digunakan untuk menggambar. Waktu SD kelas 1-3, pensil itu sangat dibutuhkan untuk menulis dan menggambar karena pada saat itu mungkin kita masih belum mengerti penggunaan bolpoin/ pulpen, sehingga orang tua kita memilih pensil sebagai alternatifnya. Dari kelas 4-SMA, penggunaan pensil sudah jarang digunakan karena diganti dengan bolpoin/ pulpen, tetapi pensil selalu disediakan kalau-kalau ada tugas untuk menggambar, sketsa dan lain-lain.


Meskipun penggunaan pensil digunakan untuk menulis dan menggambar. Tetapi di tangan para perupa, tak sedikit  juga yang memanfaatkan si pensil sebagai media untuk mengungkapkan ekspresi sang perupa. Dengan lihainya tangan Sang perupa yang menggunakan  alat ini dengan mahir, sehingga banyak terlahirlah  karya-karya yang bisa dibilang unik dan berkualitas. Mempunyai nilai artistik yang cukup tinggi, bahkan tak kalah menarik jika kita bandingkan dengan media lukis lainnya.


Ternyata, pensil tidak hanya digunakan untuk menulis, mengganbar, mengisi lembar jawaban dan lain sebagainya. Juga mungkin ada beberapa ahli seni yang menggunakaan pensil sebagai alat untuk mengungkapakan ekspresi sang seniman. Gak percaya, nih saya kasih sampel gambarnya



Sumber: http://www.daltonghetti.com


Gak nyangka ya, tapi ini merupakan kisah yang benar adanya. Sempat juga berpikir, bagaimana cara buatnya dan apa alat yang ia gunakan?, Intinya dunia itu masih sangat luas karena banyak sekali orang-orang yang  sangat kreatif membuat sesuatu dari sesuatu yang kita anggap sepele menjadi sesuatu yang menakjubkan.


Orang yang membuat ini adalah seniman asal Brazil yang bernama Dalton M Ghetti, jika rekan sekalian ingin melihat karyanya lebih banyak, rekan sekalian bisa pergi ke alamat ini www.daltonghetti.com


Dalam pembuatan komik juga, kita harus mengetahui berbagai jenis pensil yang akn digunakan untuk sketsa, menggambar, coloring dan lain-lain. Agar hasil yang telah dibuat bisa dimaksimalkan dengan baik karena jika pemilihan penggunaan pensil kurang tepat dalam pembuatan komik atau lainnya maka gasilnta akan kurang maksimal sehinnga perasaan sang pembuat karya akan merasa melihat karyanya kurang bagus.


Mungkin hanya ini dulu yang bisa Author jelaskan ,maaf jika artikelnya agak pendek. Selanjutnya, di artikel postingan nanti, kita akan membahas mengenai jenis-jenis pensil. Jika ada pertanyaan silahkan tulis langsung aja di kolom komentar dan  nanti Author akan jawab balas pertanyaannya. Oh… dan jika ada kritik dan saran langsung aja tulis di kolom komentar agar Author bisa mengevaluasi setiap kesalahan agar blog ini menjadi lebih baik.Terima kasih

1 komentar: