Minggu, 02 September 2018

10 Menit Tentang Komik LENGKAP

10 Menit Tentang Komik LENGKAP


Halo para pembaca sekalian, selamat pagi(Ohayou,good morning), selamat siang (Konnichiwa, good day), selamat sore / malam (Konbanwa, good evening), belajar sedikit-sedikit boleh kan hihihi... Kali ini di artikel pertama ini, Author akan membahas tentang seni cerita bergambar atau yang biasa yang sering kalian sebut dengan Komik (dalam bahasa Indonesia), Manga atau Doujinshi (Bahasa Jepang), Comic (Bahasa Inggris).
Kebetulan Author juga suka dengan komik. Jadi,untuk para pembaca dimohon menyimak dengan baik dan semoga menambah wawasan kalian.


APA ITU KOMIK?

Menurut Kamus Besat Bahasa Indonesia alias KBBI komik adalah cerita bergambar yang biasanya terdapat di majalah, koran(newspaper), surat kabar, berbentuk (buku) yang mudah dicerna dan lucu.


Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, komik yaitu suatu dari salah satu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah jalinan cerita yang mempunyai alur. Biasanya komik dicetak di atas kertas dengan menggunakan teks dan dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk ,mulai dari strip(pendek) dalam koran, majalah (biasanya majalah anak), hingga dibukukan (komik yang mempunyai cerita panjang).


APAKAH ADA DEFINISI LAIN?

Tentu ada rekan sekalian,yang tadi itu menurut kamus. Setiap orang itu berbeda dari  mulai segi fisik hingga pemikiran akan suatu hal. Jadi disini ada beberapa orang (para ahli)  yang mendefinisikan mengenai komik, siapa saja mari kita lihat:


  • Menurut Franz dan Meier, Komik adalah cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas yang dipadukan dengan kata kata.

  • Menurut Scott McCloud, komik adalah kumpulan gambar yang berfungsi menyampaikan informasi atau menghasilkan respon estetik bagi yang melihatnya.Cerita dari komik tersusun dengan rapi dan berhubungan antara gambar (lambang visual) dan kata (lambang verbal). Gambar dalam komik juga tersusun secara berurutan dan berkaitan antara gambar yang satu dengan gambar yang lain sehingga membentuk sebuah cerita.

  • Menurut Hurlock, komik adalah media yang dapat digunakan sebagai peningkatan dan mengembangkan kepribadian anak. Komik juga bisa sebagai sarana komunikasi, menyampaikan pesan, cerita, dan hal hal berbau ilmiah sekalipun.

  • Menurut  Sudjana dan Rifai, Komik bisa digunakan sebagai bahan ajar karena dapat mengefektifkan proses belajar, meningkatkatkan belajar dan apresiasi siswa.


Jadi kesimpulan di atas menurut Author, komik adalah cerita bergambar 2D(dimensi panjang dan lebar) yang terdiri dari gambar yang saling berkaitan dengan menggunakan balon kata sehingga membentuk sebuah cerita dan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan seseorang.




CIRI-CIRI KOMIK

Sebagaimana mestinya,KOMIK juga mempunyai ciri-ciri yang bisa dibedakan dengan karya sastra lain.Langsung kita cek:


1. Cerita komik disampaikan melalui gambar dan bahasa, berbeda dengan karya sastra lain (seperti novel dll) yang dominan menggunakan teks verbal. Komik menggunakan gambar sebagai ilustrasi dan teks verbal agar bisa lebih mudah dipahami

2. Bersifat Proporsional, maksudnya ketika seseorang membaca komik, secara tak sadar emosional pembaca seperti ikut berperan dan terlibat langsung dan menjadi pelaku dalam cerita tersebut.

3. Penggunaan Bahasa,berbeda dengan karya sastra cerita lain yang menggunakan bahasa sesuai EYD, di komik bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, bahasa gaul agar para pembaca mudah mengerti dari isi cerita tersebut.

4. Mempunyai sifat kepahlawanan, isi cerita dari komik seakan para pembaca mempunyai rasa dan sikap kepahlawanan (umumnya diperankan oleh sang tokoh utama) dalam cerita komik.

5. Watak, biasanya dalam tokoh-tokoh di komik, watak mereka digambarkan secara sederhana sehingga para pembaca mudah mengetahui dan mengerti tentang karakteristik dari setiap tokoh.

6. Menyediakan humor, humor(canda/comedy)yang disajikan dalam komik mudah dipahami oleh para pembaca karena humor tersebut berasal dari IRL (In Real Life/kehidupan sehari-hari) dan agar para pembaca tak jenuh saat membaca komik.


Jenis-Jenis Komik

Sebagaimana mestinya,komik juga memiliki jenis yang beragam diantaranya:
  • Komik Strip atau biasa disebut komik potongan yang hanya terdiri dari beberapa panel,biasanya 4-6 panel gambar saja. Komik strip menyajikan alur cerita yang sedikit namun dikemas dengan cerita yang utuh. Cerita dari komik strip biasanya  hanya langsung ke inti masalah. Biasanya komik ini menceritakan sebuah kejadian atau isu yang sedang terjadi di kalangan masyarakat.
                 
      Sumber: http://stripgenerator.com

  • Komik Karikatur adalah komik yang berisi cerita sindiran untuk disampaikan kepada tokoh terkenal yang ada dikalangan atas, yang digabungkan dengan teks verbal. Komik jenis ini biasanya menampilkan gambar dari sosok tokoh tertentu yang intinya memberikan kritikan, sindiran, atau  bahkan cerita humor. Gambar dan tulisan pada komik tersebut dituntut untuk mampu memberikan sebuah arti yang jelas kepada pembaca sehingga mereka mudah memahami maksud dan tujuan dari komik tersebut.
 
Sumber : universal.hermantan.com


  • Buku Komik, yaitu salah satu jenis Komik yang isinya berupa sekumpulan cerita beserta gambar yang dicetak menjadi sebuah buku. Buku komik ini sering kita jumpai dimana mana dan sering rekan rekan baca. Komik jenis buku ini biasanya terdiri dari beberapa chapter (bagian) di  dalamnya, namun dengan cerita yang tetap saling berhubungan. Komik ini selalu dipasarkan di toko buku. Komik berbentuk buku umumnya berisikan 32 halaman tetapi ada juga yang sampai 48 bahkan 64 halaman. Buku komik juga biasa menyajikan cerita bertema komedi, pahlawan (hero), cinta (anak remaja).
 Hasil gambar untuk manga library naruto


  • Web Comic atau komik Online. Di zaman yang serba digital saat ini, mungkin komik online menjadi salah satu pilihan utama orang-orang yang ingin membaca komik secara gratis. Di internet juga, sudah banyak situs web yang menyediakan berbagai macam komik di dalamnya. Komik-komik ini hanya bisa rekan semua temukan di dunia maya (ya iyaalah, namanya juga Web Comic). Kelebihan dari komik online jangkauannya juga lebih luas karena siapa saja  yang memiliki koneksi internet bisa mengakses komik secara online, selain itu juga  lebih praktis, dan lebih mudah mencari komik yang ingin dibaca rekan sekalian. Komik Online juga lebih menguntungkan dari pada komik media cetak, karena efisiensi biaya yang relatif murah untuk menyebar luaskan komik yang bisa dibaca siapa saja.


shikurokomik.blogspot.com
Sumber : www.webtoons.com/id/comedy/si-ocong



Mungkin hanya ini dulu yang bisa Author  jelaskan, maaf jika artikelnya agak pendek. Jika ada pertanyaan silahkan tulis langsung aja di kolom komentar dan nanti Author akan jawab balas pertanyaannya. Oh… dan jika ada kritik dan saran langsung aja tulis di kolom komentar agar Author bisa mengevaluasi setiap kesalahan agar blog ini menjadi lebih baik.Terima kasih








Tidak ada komentar:

Posting Komentar